NAMA : ADAM ABYATMA
OFF : A
NIM : 110141405801
Karakteristik Pendidikan Non Formal, Pendidikan Formal, Pendidikan Informal
No | Indikator | Karakteristik | ||
Pendidikan Non Formal | Pendidikan Formal | Pendidikan Informal | ||
1 | Warga Belajar | v Heterogen v Homogen v Bebas Memilih v Tidak diharuskan berseragam v Peserta didik dapat berfungsi sebagai sumber belajar v Ada yang sudah bekerja baru ikut belajar v Persyaratan masuk berdasarkan hasil kesepakatan antar peserta didik | v Tidak bebas memilih v Siswa bertindak sebagai anak didik v Diharuskan berseragam v Selesai sampai jenjang waktu tertentu baru bekerja v Persyaratan masuk ditentukan oleh masing-masing sekolah
| v Keluarga v Mulai sejak dini dan terjadi seumur hidup v Motivasi belajar untuk pembentukan karakter dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari
|
2 | Bahan Ajar | v Fleksibel v Praktis v Sesuai dengan kebutuhan v Keterampilan v Dapat ditentukan oleh peserta didik itu sendiri
| v Sentralisasi v Lebih menekankan kemampuan teoritis akademis v Disusun oleh para ahli v Homogen berdasarkan kurikulum nasional
| v Tingkah laku v Sesuai dengan kebutuhan warganya v Adat v Kebiasaan
|
3 | Jadwal belajar | v Disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar v Waktu singkat v Menekankan masa sekarang dan masa depan v Menggunakan waktu tidak penuh dan tidak terus menerus | v Ditentukan oleh sumber belajar v Waktu sudah di tentukan v Menggunakan waktu penuh dan terus menerus | v Tidak menentu v Sesuai kebutuhan v Terjadi kapan saja tanpa diduga |
4 | Sarana Belajar | v Variatif sesuai dengan kebutuhan warga belajar v Memanfaatkan potensi di lingkungan v Bahan belajar dapat disusun oleh warga belajar
| v Berdasarkan kurikulum nasional v Kurang variatif v Bahan belajar disusun oleh para ahli | v Memanfaatkan potensi lingkungan v Materi bahan belajar berupa kehidupan nyata
|
5 | Penyelenggara | v Lebih bersifat sukarela v Diselenggarakan oleh perseorangan, LSM, instansi v Bertindak sebagai fasilitator | v Mendapat gaji v Diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga v Bertindak sebagai pengelola
| v Anggota keluarga v Anggota penghobi |
6 | Tempat belajar
| v Mengoptimalkan sarana yang ada v Memanfaatkan bangunan prasarana yang ada
| v Mengadakan sarana yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar v Di gedung sekolah | v Di lingkungan keluarga v Di lingkungan penghobi |
7 | Sumber Belajar | v Bersifat terbuka(dengan persyaratan tertentu) v Tutor v Tidak mendapat gaji dari pemerintah | v Bersifat tertutup(berlatar belakang akademis) v Guru v Dosen v Bersifat sebagai narasumber utama v Mendapat gaji dari pemerintah | v Seluruh anggota keluarga |
8 | Dana | v Swadaya masyarakat/warga belajar v Bantuan pemerintah v Lembaga Swadaya Masyarakat atau badan swasta lainya v Pengelolaan dana bersifat terbuka | v Swadaya v Bantuan Pemerintah v Pengelolaan dana bersifat tertutup | v Dari keluarga itu sendiri |
9 | Kelompok Belajar
| v Didasarkan pada minat yang sama
| v Pembentukan kelas ditentukan oleh penyelenggara | v Melibatkan orang tua v Terdiri atas anggota keluarga itu sendiri |
10 | Program belajar | v Terprogram dengan baik tetapi berbeda dengan PF v Program dikembangkan untuk mengatasi masalah riil yang dirasakan mendesak v Penyusunan program melibatkan masyarakat secara partisipatif v Jenjang didasarkan pada individual
| v Program dikembangkan untuk menyiapkan peserta guna melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi v Program disusun sepenuhnya oleh pemerintah, masyarakat bersifat pasif v Perjenjangan bersifat baku | v Tidak ada penyusunan program secara khusus v Tidak terencana v Tidak ada jenjang pendidikan |
11 | Hasil Belajar | v Dapat diterapkan sehari-hari v Tidak mengutamakan ijazah v Sertifikat Kursus | v Berpotensi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi v Hasil belajar untuk jenjang karir di masa depan v Ijazah merupakan hasil akhir | v Perubahan perilaku yang baik v Nilai luhur di dalam masyarakat |
12 | “Ragi” belajar | v Motivasi v Hadiah v Pujian v Diskusi
| v Tambahan materi v Diskusi v Motivasi v Hadiah v Pujian
| v Motivasi v Hadiah v Pujian
|
Nb:
*ragi=pemercepat proses