Minggu, 03 November 2013

tugas Matkul Problematika PLS



PROPOSAL KARYA TULIS
PENGARUH ANTARA TAWURAN PEMUDA DENGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DI JAKARTA
RENCANA ISI
Bagian I Pendahuluan
Latar belakang
Sungguh miris bila mendengar kata tawuran. Apalagi hal itu ada di lingkungan ibukota negara ini. Pelajar berkelahi dengan pelajar. Mahasiswa bentrok dengan mahasiswa. Warga adu pukul dengan warga. Hobi atau rutinitas kegiatan di propinsi “monas” itu. Seringnya kegiatan mereka menyebabkan beberapa masalah yang muncul. Kemacetan transportasi, sarana umum yang rusak, trauma masyarakat hal itu disebabkan karena “aktifitas negatif” mereka. Berkembangnya pola pikir bukan berarti tawuran semakin jarang terjadi. Malah semakin berkembang bentuk-bentuk senjata yang digunakan. Akhir-akhir ini muncul senjata baru yang digunakan dalam tawuran, yaitu air keras. Air keras yang notabene menjadi bahan pengawet benda dijadikan senjata untuk melukai lawan tawuran. Bahan berbahaya yang mudah didapat seharusnya menjadi perhatian dari pihak yang berwenang untuk membatasi pembelian.
Rumusan Masalah
1.      Apakah tawuran mereka terkait dengan aktifitas masa lalu?
2.      Bagaimana tawuran diantara mereka terjadi dan berulang kali?
3.      Mengapa tawuran terjadi dari masa ke masa?
4.      Sejauhmana peran tawuran dalam kegiatan harian penduduk Jakarta?
5.      Solusi apakah yang ditawarkan untuk mencegah dan mengatasi tawuran yang terjadi?

Tujuan
1.      Menerangkan keterkaitan tawuran dengan aktifitas masa lalu
2.      Menjelaskan masalah tawuran yang terjadi berulang kali
3.      Memaparkan keterkaitan tawuran dari masa ke masa
4.      Menerangkan peran tawuran dalam kegiatan harian penduduk Jakarta
5.      Memaparkan solusi-solusi yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi tawuran yang terjadi
Bagian II         
Tawuran yang sering terdengar di Jakarta, dimulai dari anak-anak SMP sampai warga-warga kampung. Warga yang sudah sering tercebak dalam kemacetan lalu lintas, malah ditambah aktifitas tawuran yang dilakukan dan semakin menambah kemacetan. Keselamatan pengguna jalan diabaikan dan juga keselamatan para pelaku. Melihat tawuran yang marak terjadi mungkin ada kaitannya dengan aktifitas masa lalu oleh warga ibukota. Dendam lama yang teringat kembali dan dilampiaskan pada masa kini atau malah diturunkan ke anak cucu. Berkali-kali tawuran pecah diantara kerumunan sepeda motor dan mobil. Batu melayang sudah menjadi pemandangan wajib saat tawuran terjadi. Anak-anak SMP memanfaatkan sabuknya untuk dijadikan senjata. Adakah dampak berkelanjutan yang membuat ketagihan dari perbuatan ini, karena dilihat dari segi tempat dan pelaku terlihat
Aktifitas yang tidak patut dicontoh ini kemungkinan berlangsung secara turun menurun dan sudah mendarah daging akibat kesalahan masa lalu. Tawuran merupakan salah satu fenomena sosial di Jakarta selain penggusuran, kemacetan, trafficking, dan lain sebagainya. Dampak yang ditimbulkan dari tawuran ini berupa hal-hal yang negatif, misalnya, kemacetan, rusaknya fasilitas umum, pengrusakan mobil yang melintas, korban terluka bahkan cacat dan meninggal dunia.
Bagian III         :
3.1 Tawuran dan kejadian masa lalu
      Mungkin tawuran yang terjadi akhir-akhir ini adalah dampak dari kejadian masa lalu pada saat kemerdekaan atau setelah reformasi. Masa lalu yang mengilhami tawuran tersebut.
3.2 Tawuran yang terjadi berulang kali
      Tawuran sudah sering terjadi dan berulang kali dengan melibatkan beberapa masyarakat ibukota, mulai dari siswa SMP sampai warga kampung.
3.3 Tawuran dari masa ke masa
      Tawuran yang terjadi dari dahulu hingga sekarang, telah menggunakan berbagai macam benda untuk senjata.

Pembahasan     : Masalah sosial dilihat dari sudut pandang Pendidikan Luar Sekolah
Daftar Rujukan
Sudarsono. 1990. Kenakalan Remaja Prevensi, Rehabilitasi dan Resosialisasi. Jakarta: Rineka Cipta
Tadie, Jerome. 2006. Wilayah Kekerasan di Jakarta. Terjemahan Pandoyo & Coudert, N. 2009. Jakarta: Masup Jakarta

Tidak ada komentar: